Global Warming !!!

Image from Canfasmag & shonari wordpress, edit by iyees blog

Lagi-lagi Berita tentang Global Warming, ga di berita telefisi, radio, koran ampe blog pun lagi treen ngomongin tentang Global Warming. makanan apa sich itu??? ga mo kalah, saya akan coba mengupas tuntas dari ujung rambut ampe ujung kaki apa itu global warming, kenapa kok di kasih nama itu kok ga ngatemo ato sutarmi ato apalah hehehehe...

Yap... Global warming ato bisa kita sebut pemanasan global (ingat bukan ngatemo ato sutarmi karena ini lagi membicarakan tentang bumi....;op). yaitu adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) meyimpulkan bahwa penyebab utamanya adalah efek rumah kaca yang menimbulkan meningkatnya emisi gas rumah kaca. wloo.. beberapa ilmuwan tidak sependapat dengan penyimpulan IPCC. Dan beberapa jajah pendapatpun terjadi di indonesia, ada yang mengatakan bahwa itu merupakan ulah manusia (man made) dan sebaliknya yaitu merupakan proses alami (Perubahan sistem dari bumi itu sendiri).

heemm.. klu da perbedaan pendapat seperti ini, kyknya ga akan selesai saya membahas tema yang satu ini. makanya saya putuskan untuk pro pada ini semua disebabkan ulah manusia. deaal??? deaaal....

Seperti yang di simpulkan IPCC efek yang paling mempengaruhi adalah rumah kaca tp bukan plur rumah kaca, disini saya simpulkan bahwa efek yang paling besar adalah adanya peningkatan emisi CO2 terutama buat negara-negara industri. nah sekarang pertanyaannya, mengapa pren??? karena :
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.
Sebenarnya, efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Dengan temperatur rata-rata sebesar 15 °C (59 °F), bumi sebenarnya telah lebih panas 33 °C (59 °F) dengan efek rumah kaca(tanpanya suhu bumi hanya -18 °C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi). Akan tetapi sebaliknya, akibat jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global)

serba salah kan! disisi lain sangat bermanfaat buat manusia tp disisi lain menimbulkan dampak yang benar-benar mengubah sistem interaksi alam dan bumi terhadap manusia. tp tidak dapat di pungkiri, efek yang terjadi adaah perubahan drastis terhadap sistem bumi sekarang . Seperti Pada bulan Desember 1977 dan Desember 2000, Panel Antar Pemerintah Mengenai Perubahan Iklim, badan yang terdiri dari 2000 ilmuwan, mengajukan sejumlah
pandangan mengenai realitas sekarang ini:
Bencana-bencana alam yang lebih sering dan dahsyat seperti gempa bumi, banjir, angin topan, siklon dan kekeringan akan terus terjadi. Bencana badai besar terjadi empat kali lebih besar sejak tahun 1960.

Suhu global meningkat sekitar 5 derajat C (10 derajat F) sampai abad berikut, tetapi di sejumlah tempat dapat lebih tinggi dari itu. Permukaan es di kutub utara makin tipis.

Penggundulan hutan, yang melepaskan karbon dari pohon-pohon, juga menghilangkan kemampuan untuk menyerap karbon. 20% emisi karbon disebabkan oleh tindakan manusia dan memacu perubahan ilim.

Sejak Perang Dunia II jumlah kendaraan motor di dunia bertambah dari 40 juta menjadi 680 juta; kendaraan motor termasuk merupakan produk manusia yang menyebabkan adanya emisi carbon dioksida pada atmosfer.

Selama 50 tahun kita telah menggunakan sekurang-kurangnya setengah dari sumber energi yang tidak dapat dipulihkan dan telah merusak 50% dari hutan dunia.

Pembatan hutan untuk digunakan sebagai lahan tambang batu-bara dan akan menjadi danau setelah tidak ditambang lagi di Kutai Kartanegara. Kalimantan Timur. (from kompas cyber media)

Dengan berbagai penjelasan yang njelimet dari berbagai sumber, mungkin kita tetep sulit untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dengan bumi kita. setahu kita yang terjadi sekarang adalah perubahan iklim yang drastis, bencana alam di mana-mana belom lagi beberapa pulau di indonesia mulai menenggelamkan diri upss... tenggelam maksudnya hehe... yang paling mengerikan adalah pembabatan hutan yang di buat tambang batu bara di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur yang akan menjadi danau setelah tidak di tambang lagi.

trus apa yang harus kita lakukan? ga usah susah-susah pren, ga usah boro-boro mo buat lembaga baru ato woro-woro stop global warming eh padahal "mereka" sendiri yang meng "acc" klu hutan mo di jadiin kota baru hohoho.... kita mulai aja dari diri kita sendiri, dari yang paling mudah. mencoba membiasakan diri dengan membuang sampah pada tempatnya, terutama perokok seperti saya hehehe... (biasanya perokok yang paling bandel menerapkan warning itu)
ayooo.. bareng-bareng menyelamatkan cucu-cucu kita biar mereka masih bisa menikmati indahnya tinggal di bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Live Journal, Wordpress, TypePad, AIM : Jika mempunyai Account Live Journal, Wordpress, TypePad dan AIM
Open ID : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Nama/URL : Jika hanya ingin mengisikan Nama dan URL.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (sangat tidak disarankan).